Latest News

BANNER

BANNER
Monday, 7 July 2014

Clozzete, jejaring sosial fesyen khusus untuk wanita

 
Clozette. © Techinasia.com

Suarasitaronews.com - Jakarta : Terdapat perbedaan perilaku dalam menggunakan internet di antara pria dan wanita. Menurut penelitian Kaspersky Lab bekerjasama dengan University of Wuerzburg, Jerman, wanita cenderung menggunakan internet untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman atau pasangan mereka.

Mengetahui hal ini, Clozette asal Singapura mendirikan sebuah jejaring sosial berupa ekosistem yang mengintegrasikan konten, komunitas dan e-commerce yang berfokus pada bidang fashion, kecantikan dan style.

Clozette Indonesia sendiri semula masuk ke Indonesia dengan nama Clozette Daily berkolaborasi dengan Female Daily Network pada Oktober 2012. Tetapi sejak Maret 2014, Female Daily Network dan Clozette global secara resmi telah mengakhiri kemitraannya.

Disinggung mengenai perbedaan antara Clozette versi global dengan Clozette Indonesia, Erry Amarilla selaku marketing manager Clozette Indonesia menerangkan bahwa konten Clozette Indonesia berusaha untuk mengapresiasi budaya Indonesia serta gaya busana tradisional.

Selain itu Clozette Indonesia juga memperbanyak konten seputar hijab dan memiliki program Duta Clozette Indonesia yang bermitra dengan fashion blogger Indonesia.

Karena wanita ingin dimengerti
Karena menginduk kepada Clozette versi global, Clozette Indonesia juga menyediakan fitur-fitur utama yang sama bagi para pengguna, yaitu:

Organize: sebuah fitur di mana Anda bisa membuat lemari maya yang berisi katalog sepatu, tas, dan aksesoris favorit. Anda juga bisa membuat wish list dari fashion yang sudah lama Anda impikan.

Share: sebuah fitur agar Anda mendapatkan feedback dan respon secara langsung dari komunitas mengenai postingan Anda.

Discover: fitur ini memudahkan Anda untuk mencari gaya dari runway, OOTD (Outfit Of The Day) dan street style terkini yang di-posting oleh para anggota komunitas.

Bazaar: fitur yang memfasilitasi Anda dalam menjual, membeli, hingga melakukan barter seputar fashion dan alat-alat kecantikan terkini.

Shoppe: fitur yang memudahkan Anda untuk berbelanja dengan lebih dari dua juta koleksi jenis fashion dari lebih 5.000 clothing trendy yang berasal dari outlet di seluruh dunia.

Tetapi, khusus untuk Clozette Indonesia tersedia fitur baru, yaitu: kemudahan login dengan menggunakan akses Facebook serta bisa berbagi foto dengan komunitas Clozette Indonesia melalui instagram dengan menggunakan hashtag #ClozetteID.

Meski Clozette Indonesia mengklaim bahwa platform-nya berusaha untuk mengapresiasi budaya Indonesia serta gaya busana tradisional negara ini, namun setelah saya mencoba Clozette Indonesia, saya merasakan sentuhan lokal khas nusantaranya kurang begitu kental.

Kalaupun ada sentuhan lokal, hanya beberapa bagian saja. Misalnya saat pertama kali registrasi, saya diharuskan untuk menentukan kategori berbusana yang diinginkan agar senantiasa muncul di beranda akun saya.

Pada bagian ini terdapat dua kategori yang mewakili kebanyakan wanita Indonesia yaitu busana tradisional dan hijab. Selebihnya, saya seolah-olah seperti menggunakan Clozette versi global yang sudah menggunakan bahasa lokal.

Namun, untuk kelengkapan informasi mengenai fashion, kecantikan, dan style dengan perspektif dan model dari wanita Indonesia, menurut pendapat saya Clozette Indonesia masih patut untuk diperhitungkan.

Misalnya, foto atau video berupa padu-padan busana bermerek internasional yang diperagakan oleh wanita lokal merupakan sebuah hal yang menarik bagi saya.

Monetisasi dan rencana masa depan Selama ini Clozette Indonesia menghasilkan pendapatan dari hasil kerjasama dengan berbagai brand fashion, kecantikan, dan style. Mereka menggunakan platform Clozette Indonesia untuk kampanye produk, membangun komunitas, sponsorship, menampilkan iklan, content co-creation, email marketing dan transaksi Clozette Shoppe.

Sayangnya Clozette Indonesia enggan menyebutkan nominal pendapatannya. Pengguna Clozette Indonesia memiliki karakteristik sebagai sosok pecinta fashion, kecantikan dan gemar belanja online.

Selain itu para pengguna Clozette Indonesia juga gemar berbagi foto OOTD (Outfit Of The Day) serta berbagi tutorial foto atau video fashion dan kecantikan untuk mendapatkan opini dari komunitas.

Konten Clozette Indonesia sendiri 90 persen berasal dari pengguna. Clozette Indonesia yang sudah memiliki 300.000 pengguna terdaftar ini belum memiliki badan hukum secara lokal di Indonesia.

Ke depannya, Clozette Indonesia karena populasi penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam ingin menjadi The World's First Islamic Women/Fashion Social Network (atau kurang lebih berarti sebagai jejaring sosial fashion wanita muslim pertama di dunia). (merdeka.com)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Clozzete, jejaring sosial fesyen khusus untuk wanita Rating: 5 Reviewed By: dhani