Latest News

BANNER

BANNER
Friday, 11 July 2014

Telkomsel Kuasai 50 Persen Pasar Iklan Digital

 
Telkomsel (VIVAnews/Muhamad Solihin)

Suarasitaronews.com - Jakarta Selatan : Pertumbuhan pengguna ponsel di Indonesia yang sudah menembus jumlah populasi, serta tumbuhnya ponsel pintar membuka peluang potensial untuk industri periklanan digital.

Peluang Telkomsel layanan periklanan digital ini cukup besar, sebab operator anak perusahaan Telkom itu memiliki jumlah pelanggan 135 juta dengan cakupan jaringan yang luas.

Menurut perhitungan E-marketer untuk tahun ini, iklan digital untuk banner, hanya berbasis data, saja ditaksir mencapai Rp.161 miliar. Pada posisi itu, Telkomsel medominasi raihan lebih dari 50 persen.

Survei IDC juga menguatkan peluang periklanan digital. Berdasarkan data lembaga riset itu, terdapat pergeseran perilaku pengguna di Indonesia, yang lebih banyak menghabiskan waktu pada handset dibanding di layar TV.

Untuk itu, Telkomsel pun mengusung inovasi dalam periklanan digital, yaitu dengan mengadopsi analitik perilaku pelanggan.

"Selain LBA (location base advertising) retail, Telkomsel Digital Advertising akan fokus dengan menggunakan Big Data. Mempelajari berbasis pola perilaku penggguna," jelas Vice President Digital Advertising, Haryati Lawidjaja kepada wartawan di Kantor Telkomsel, Wisma Mulia, Jakarta Selatan, Kamis malam, 10 Juli 2014.

Dengan analisa big data, tambah dia, program sasaran pemasaran dipandang lebih tepat dan terarah dalam komunikasi sebuah iklan. "Tergantung pengiklan dan profilingnya seperti apa," ujarnya yang akrab disapa Fey.

Ia menegaskan profiling pelanggan tak akan menjual data pelanggan. Telkomsel berkomitmen menjaga data pelanggan. "Kami tetap menjaga data konsumen. Yang kita jual adalah menyampaikan iklan ke target konsumen yang relevan," ujar dia.

Meski secara kontribusi terhadap pendapatan perusahaan masih kalah dari voice, SMS dan data, layanan digital advertising Telkomsel tengah menunjukkan kinerja bagus, tumbuh 150 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Tak heran, pertumbuhan brand yang mengadopsi periklanan digital Telkomsel cukup tinggi. Saat ini, rata-rata sudah ada puluhan ribu brand multinasional atau perusahaan besar.

"Dengan rata-rata pertumbuhan per bulan 20-30 persen. Sampai akhir tahun ini kami targetkan brand yang masuk ke periklanan digital tembus seratus ribu brand," ujarnya.

Ke depan Telkomsel ingin tetap menjadi pemimpin pada industri periklanan digital.

"Telkomsel optimis, dengan inovasi inventori produk baru dalam periklanan mobile serta big data, kami yakin bisa mengalami pertumbuhan yang pesat," katanya. (viva.co.id)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Telkomsel Kuasai 50 Persen Pasar Iklan Digital Rating: 5 Reviewed By: dhani